Friday, June 8, 2007

Bern, kota abad pertengahan yang cantik

Pemandangan kota tua Bern dari Nydeggbrükke
Hari ini kita coba jelajah ibukota dari negara yang uda hampir 2 minggu ini kita kunjungi. BERN.. inilah ibukota Swiss yang menawan ini. Dengan kereta selama 1 jam perjalanan dari Zurich kita akan tiba di Bern. 


Dari Hauftbahnhof Bern atau stasiun kereta Bern kita berjalan santai aja menyusuri jalanan Bern hingga akhirnya kita sampai di Bundesplatz, kawasan gedung pemerintahan, disini kita bisa melihat gedung parlemen, lapangannya luas tanpa ada pagar, langsung menyatu dengan kegiatan sehari-hari masyarakatnya, dan lucunya di lapangannya yang luas terdapat air mancur langsung dari lantai dimana banyak sekali anak-anak yang bermain air disana. Kita ambil waktu untuk minum kopi di salah satu sudut plaza ini, jangan heran kalau yang duduk si meja sebelah kita bisa jadi menteri atau bahkan presidennya. Swiss memiliki sistem pemerintahan yang bisa kita bilang "no star system" maksudnya tidak ada sistem selebriti, tidak ada juga yang namanya karir politik, dan presidennya diganti setiap tahun. Di jalanan ada kendaraan yang cukup menarik perhatian kita, mobil mungil yang imut sekali sedang parkir di beberapa tempat, ternyata itu adalah mobil elektrik. 





Dari Bundesplatz kita berjalan menuju Altstadt von Bern (The old city of Bern). Bangunan di kota tua ini membuat kita merasa seperti berada di abad pertengahan, cantik sekali! Dengan jalanan yang terbuat dari con-block, fountain di tengah jalan dan diujung jalan tampak Zytglogge sebuah jam kuno yang sudah ada sejak abad pertengahan dan masih berfungsi dengan baik hingga sekarang. Di kawasan ini juga terdapat rumah si jenius Albert Einstein.














Perjalanan kita lanjut ke arah Munsterplatz untuk melihat Bern Minster yaitu Cathedral  dengan gaya arsitektur gothic. Dari kawasan kathedral ini kita akan mendapati taman yang luas sekali, dan diakhiri dengan menikmati pemandangan sungai Aare dibawah dan rumah-rumah tua yang tersusun rapi lengkap dengan chemine nya yang klasik sekali. Begitu rapinya tatanan kota tua abad pertengahan ini. Sungai yang jernih bersih berwarna hijau terang membuat pemandangan menjadi semakin indah. 























Perjalanan di Bern kami akhiri dengan menikmati pemandangan kota tua ini dari Nydeggbrükke. Jembatan ini merupakan jembatan penghubung antara kota tua dan kota baru Bern yang berada di timur. Kota tua abad pertengahan ini memang cantik, aura klasiknya juga masih terasa, tak heran Unesco menobatkannya menjadi salah satu Unesco World Heritage. 
















xoxoxoxoxoxoxoxoxoxo



0 Comments:

Post a Comment