Tuesday, June 12, 2007

Jenewa - Pemberhentian terakhir di Swiss

Lake Geneva dengan JET d'LEAU

2 minggu sudah kita di Swiss, honeymoon ala ala nya cukup sudah, saatnya ke Prancis ketemu keluarga dan teman-teman disana untuk yang pertama kalinya. Tapi, ini kereta transit di Geneva lho, yaudah kita manfaatin deh sedikit waktu jalan di Geneva sebelum lanjut ke Prancis. 


Geneva terkenal dengan markas kantor-kantor PBB nya. Sejak zaman SD dulu aku sudah mendengar nama Jenewa di pelajaran sekolah. Dari dulu, aku percaya negara yang tak memiliki militer ini begitu nyaman dan damai dengan alam yang begitu indah. Dan selama 2 minggu di Swiss aku dapat merasakannya.. 

Geneva berbatasan langsung dengan Prancis karna itulah di Geneva kita akan melihat semua sign dalam bahasa Prancis bukan dalam bahasa Jerman seperti di Zurich, Bern, Basel dan Winterthur. Penduduk Geneva menggunakan bahasa Prancis. 




Dari stasiun kereta kita berjalan menyusuri jalanan Geneva menuju danau. Sebelum tiba di danau, kita mendapati sebuah sungai yang seperti biasa super jernih, sungai Rhone namanya, ada sebuah pulau mungil ditengahnya dan terdapat beberapa jembatan. Bangunan sisi kiri kanan sungai ini terlihat apik rapi. Di ujung sungai kita bertemu danau Geneva, jauh di tengah danau terlihat air mancur yang besar sekali JET d'LEAU.  Kita terus berjalan santai menyusuri taman di pinggiran danau, menyusuri lorong-lorong kecil di seberang dan kembali lagi ke taman di tepi danau. 
















Danau Geneva ini besar sekali, bentuknya seperti bulan sabit dan terbagi ke 2 negara Swiss dan Prancis. Itulah mengapa beberapa kota besar lainnya di Swiss seperti Lausanne dan Montreux juga memiliki danau ini dan di Prancis salah satu kota yang memiliki danau ini adalah Thonon. Danau ini merupakan hulu dari Sungai Rhone yang mengalir hingga ke Prancis dan berhujung di laut Mediterania.

























3 jam transit di Geneva tidak banyak yang bisa kita kunjungi, itulah mengapa kita hanya berjalan santai di pinggiran danau dan tak terlalu jauh dari stasiun. Geneva menjadi perhentian terakhir kita di Swiss, dan Swiss berhasil membuatku terpesona akan keindahan alamnya. 


xoxoxoxoxoxoxoxo

0 Comments:

Post a Comment