Sunday, May 18, 2008

Denhaag - jantung politik dan kerajaan Belanda dengan semarak Scheveningen

Noordeinde Palace

Hari kedua di Belanda kami berangkat menuju Denhaag dari Rotterdam. Di Denhaag kami menginap di flat om Zainul selama 2 malam. Dari Denhaag inilah base kami bergerak mengunjungi Amsterdam-Volendam dan Keukenhof. 



Denhaag Centraal
Diskusi sepanjang perjalanan



Denhaag merupakan pusat pemerintahan Belanda. Parlemen Belanda berada di kota ini begitu juga dengan istana kerajaan juga berada di kota ini. Secara geografis Denhaag berada di garis pantai laut utara, sehingga kita bisa menemukan pantai di kota ini. Salah satu pantai yang terkenal di Denhaag adalah Scheveningen dimana sebuah resort mewah berada di sepanjang pantai ini. Resort ini menawarkan banyak fasilitas seperti bioskop, theater, kasino, pusat perbelanjaan, cafe/resto, acara-acara musik dan olahraga, juga street performance, pengamen kreatif dan lalu lalang orang-orang, tak heran pantai ini semarak sekali! Pantainya luas dengan ombak yang cukup menderu hari itu, ditambah angin utara yang sangat dingin buat kami agak menggigil selama berada disana, apalagi hari itu aku tak pakai jaket! Kami berjalan-jalan di sepanjang pantai lalu makan makanan khas Belanda, ikan mentah. Apaaa....???? Ikan Mentah??? Iya ikan mentah. 

Scheveningen
Di depan Scheveningen


street performance



Kawasan Scheveningen
Pantai Scheveningen dengan laut utara


Pengamen kreatif

Cerita ikan mentah tadi.. Jadi ikan itu ya dimakan mentah. Ikan itu disajikan dengan bawang bombay yang dicincang dan acar timun. Itu saja! Baunya tentu saja agak amis tapi rasanya mantap lho, daging ikannya lembut dan cara makannya pun tenyata unik. Ikan yang dimakan mentah itu adalah ikan haring dari laut utara yang telah dibersihkan dan dipotong kepalanya lalu diproses dengan cara difermentasikan ala belanda, setelah itu ikan siap dimakan dengan dicampur cincangan bawang bombay tadi atau bisa juga dimakan dengan sandwich. 


Jadi apa yang buat makan ikan mentah ini unik? Oke untuk makan ikan ini kita harus mengangkat ekornya tinggi2 sambil menengadahkan kepala kita, buka mulut dan perlahan masukkan ikan haring ke mulut, terus makan ikan itu sampai mendekati ekornya. Begitulah, udara dingin yang berangin terasa begitu nikmat sambil tertawa riang menikmati ikan mentah haring di pinggir laut Scheveningen, Denhaag. 



Makan Ikan Haring Mentah

Kami mengelilingi Denhaag di hari terakhir berada di Belanda sepulangnya dari Keukenhof. Perjalanan kami mulai dari pantai Scheveningen tadi lalu lanjut ke pusat kota dan ke istana kerajaan Noordeinde Palace, istana ini tempat kerja raja dan tidak terbuka untuk umum. Kami menyusuri jalanan sepanjang Noordeinde street yang menjual barang-barang branded hingga akhirnya tiba di depan gedung parlemen Belanda 'Het Binnenhof'. Berjalan kaki di Denhaag nyaman sekali, sama seperti kota-kota Eropa lainnya. 


Di depan Noordeinde Palace
Di depan Noordeinde Palace
salah satu toko branded di Noordeinde street


Het Binnenhof - Parlemen Belanda 
flat si om 
Bersiap ke Hamburg
Buya dan Om Zainul
Menjelang malam, kami kembali ke flat om Zainul dan mengambil bagasi yang sudah dikemas malamnya untuk bergerak menuju stasiun kereta. Dengan diantar om Zainul kami berangkat menuju Hamburg. Terima kasih banyak om atas kemurahan hati dan waktunya, panjang umur, sehat-sehat selalu dan lancar rezekinya. 


XOXOXOXOXOXOXO



0 Comments:

Post a Comment