Saturday, May 9, 2009

Village de Bories - Desa unik di Perancis


Kali ini kami mengunjungi sebuah desa tua yang sudah tidak dihuni lagi dan telah dijadikan museum terbuka oleh pemerintah Perancis, desa ini bernama Village de Bories. Lokasinya tidak jauh dari Gordes di wilayah Vaucluse.

Sebelum tiba di lokasi kami makan siang di sebuah restaurant sebelum masuk Gordes, kami duduk di taman belakang dan yang membuat aku harus menuliskannya disini adalah karna makanannya yang enak sekali, mulai dari starter sampai dessert. Menu utama yang mereka sajikan berupa ikan dari laut utara terasa begitu nikmat di lidah. Super tres bon!

 


Setelah makan siang kami lanjut jalan melewati Gordes dan lanjut jalan sedikit lagi menuju Village de Bories. Hari itu banyak orang yang berkunjung sehingga sulit menemukan parkiran. Lumayan jauh kami dapat parkiran dari pintu masuk Bories. 


Tibalah kami di Village de Bories.. Desa ini begitu unik! Gubuk-gubuk batu dibangun dengan sangat terampil oleh orang-orang dulu menggunakan lempengan bebatuan alam (batu kapur) yang didapat dari sekeliling tanpa campuran mortar dengan langit-langit berbentuk kubah. Bangunan yang selaras dengan alam. Kami mengunjungi satu per satu gubuk batu dan masuk untuk melihat dalamnya. Dengan berada di dalam gubuk batu tersebut, kami jadi dapat membayangkan bagaimana mereka hidup pada masa itu. Beberapa barang dan peralatan kuno juga masih diletakkan di dalam gubuk batu. Secara keseluruhan, kawasan gubuk-gubuk batu ini seperti satu perkampungan yang terdiri dari rumah, dapur, dan tempat ternak. Luar biasa!! 

 




























Gubuk batu, dry stone hut, atau apapun namanya ternyata juga dapat kita jumpai di beberapa negara di dunia. Di desa Bories, ada foto-foto "bories" dari Beaujolais di Perancis, Corsica, Crete, Death Valley di California, Italia, Meksiko, Peru, the Sinai dessert, Swiss, Turki dan yang dulunya bernama Yugoslovia.


Puas berkeliling di Bories, kami singgah di Gordes, sebuah desa yang terletak di tebing bukit dataran tinggi Vaucluse. untuk melihat suasana desa ini sambil minum kopi. Mahal juga secangkir kopi di desa ini. Yeah.. wajar sih karna desa ini memang touristic sekali, 

 


Panorama desa ini juga semakin terlihat cantik secara menyeluruh dari tepi jalan raya pada saat menanjak ke Gordes. Terlihat jelas tatanan bangunan tua dan kastil dari abad ke-12 menyatu dengan bebatuan berwarna krem yang menempel pada tebing batu. Begitu indah..

 





 Di perjalanan pulang pun kami menemukan banyak sekali tempat-tempat yang indah.. 











xoxoxo

=====================

 

0 Comments:

Post a Comment