Monday, May 19, 2008

Kereta Malam Eropa - City Night Line

photo credit : Pinterest

Perjalanan kereta kali ini berbeda sekali dengan kereta-kereta sebelumnya karna di kereta ini ada tempat tidurnyaaaa... Yap, dengan pertimbangan perjalanan ini jauh sekali memakan waktu semalaman maka Sleeper couch atau kabin yg lengkap dengan tempat tidurnya menjadi pilihan kami.


Kereta CITY NIGHT LINE lah yang akan membawa kami dalam perjalanan malam kali ini. Sebelum kereta tiba, seperti biasa harus siap2 stand by di flatform sesuai yg tercantum di tiket karna kereta disini luar biasa on time nya dan terkadang waktu berhentinya sedikit sekali, harus sigap! Kereta tiba dan kita masuk ke gerbong, dan bener saja begitu semua penumpang naik itu kereta uda jalan aja padahal belum pada masuk kabin, masih stuck di koridor! Yang diujung sana kabinnya diujung sini/tengah dan sebaliknya, aduh pokoknya bingung mau gerak apalagi ada bagasi yg ditenteng. Terlihat seorang petugas wanita, agak kewalahan juga dia ngaturnya tapi setertib mungkin dia atur semua masuk ke kabin masing2. Amaaaannn...... 

Lorong kabin
Dari luar kereta ini terlihat seperti biasa aja, begitu masuk gerbong terdapat lorong panjang untuk akses masuk ke masing-masing kabin. Nah kabinnya ini yang keren. Kabinnya kecil namun dilengkapi 2 bed lengkap dengan bantal dan selimut, wastafel dan sabun tangan, meja lipat, handuk dan lemari. Tempat tidurnya dilipat ke dinding jika tidak digunakan, yang bed bawah beralih fungsi jadi sofa. Untuk kamarnya sendiri privasi sekali karna sistem kunci dari dalam jadi tidak ada yang bisa sembarang masuk. Untuk toilet ada beberapa diluar kabin. Ternyata ada juga sleeper couch dengan private bathroom tipe deluxe, lebih mahal harganya, kalo yg kami ambil tipe ekonomi, tapi uda nyaman sekali. Kalau mau lebih hemat lagi bisa ambil yang tipe couchettes dalam 1 kabin ada 5-6 bunk beds. Ada juga gerbong lainnya yang khusus tempat duduk saja (seat car) namun bisa dimiringkan hingga posisi berbaring. Untuk harga pasti jauh lebih ekonomis lagi tipe yang seat car ini. Kita tinggal pilih maunya yang tipe apa.

Kabin sleeper car ekonomi - photo credit : Wikipedia
Kami susun bagasi dan golek-golek sebentar sebelum tetiba perut keroncongan.. hahaaa... Patrice ke kabin umi buya untuk ajak mereka makan malam di resto kereta dan aku pilih tinggal di kabin leha-leha nunggu orderan datang.. Capek juga rasanya seharian jalan di Hamburg tadi.

Sebelum kami tertidur, petugas mengetuk kabin kami, ternyata dia ingin meminta passport kami. Ya, kami akan melewati perbatasan jerman-swiss di waktu shubuh mungkin saat semua masih pada terlelap, wajarlah dia kumpulkan semua passport sebelum orang-orang pada bertiduran.

Aku masih ngerasa surprise berada di kereta ini. Lucu aja ngebayangin ada tempat tidur berjalan.. wkwkwkkwkkk... Aku pilih tidur di bed bawah, dengan pertimbangan takut jatuh kalo di bed atas.. boahahahaa.... ngeles aja itu. Kami bercerita lalu terlelap dalam perjalanan malam hamburg-zurich. Tapi yang namanya gak biasa tidur di tempat tidur berjalan sesekali terbangun juga, namun tidak sulit untuk tidur lagi, sampai akhirnya terdengar suara petugas wanita membangunkan "GUTEN MORGAN GUTEN MORGAN.. " Tak lama kemudian passport kami dikembalikan dan surprise lagi dapat sarapan gratis! Ahhhh.... nikmatnyaaa... Selesai sarapan bersiap beresin kabin, bed sudah dilipat ke dinding, bagasi siap, kami hanya duduk santai menatap keluar jendela dan terlihat dari bangunan-bangunan yg ada kami sudah berada di Swiss. Kereta stop sebentar di Basel lalu lanjut ke Zurich. Dan sampailah kami pagi itu di Zurich.

Sarapan 
morning tea
tiba di zurich
Naik kereta malam city night line merupakan suatu pengalaman yang sangat berkesan. Berkesan sekali..  


xoxoxoxoxoxoxo

0 Comments:

Post a Comment