Saturday, June 29, 2019

Kau Salah Sebut Namaku

 

Apalah arti sebuah nama? Tentu saja sangat berarti. Nama yang menjadikan kita mengenal seseorang maupun benda, nama mengandung doa dan makna tersendiri bagi tiap individu, suku, maupun bangsa di dunia ini. Walau terkadang dengan pengucapan yang berbeda atau dengan nama yang berbeda untuk satu orang/benda yang dimaksud, tetap saja nama kita butuhkan untuk menamainya. Apalagi dengan ragam bahasa yang ada di muka bumi ini, bisa jadi satu huruf saja kita salah mengeja, bisa berubah pula artinya.

Di lingkunganku sejak sekolah dulu sampai sekarang, masih sering terdengar huruf F, P dan V selalu diucapkan dengan P. Huruf V sekalinya diucapkan yang terdengar malah jadi huruf B. Misalnya : Vivi menjadi Pipi, Vera menjadi Pera, Fitri menjadi Pitri, Faisal menjadi Paisal. JaPanese menjadi JaVanese, dan JaVanese menjadi JaBanese.

Masih soal tertukarnya huruf P dan V. Suatu hari di Venesia, sedang asyik-asyiknya berjalan menyusuri jalanan kecil Venezia, dengan mantapnya aku mengucakan Venesia dalam bahasa Inggris yaitu Venice. Saking fasihnya mulut ini mengucapkan P, Venice pun diucapkan dengan awalan huruf P dan terucaplah Penis. Hubby yang mendengar ucapanku tertawa sambil mengoreksi kesalahan pengucapanku dengan penuh penekanan “Venice... VÉ›nis... V not P, if you say P that would be Penis. 

Seorang teman dari Prancis datang berkunjung ke Bukit Lawang. Dari Bukit Lawang si kawan berencana mengunjungi kami si desa sebelah Gotong Royong dengan naik becak. Kepada tukang becak kawan kami ini bilang kalau dia mau kerumah Patrice (baca : Patris). Abang becak bingung Patrice siapa? Patrice mana? Si kawan menjelaskan Patrice orang Prancis juga yang menikah dengan orang Indonesia, dan sudah lama tinggal disini. Tapi si abang becak tetap tak tau, dia tanya kawan becak lainnya pun sama tak tau. Lalu si kawan tambah info lagi kalo Patrice juga jual ikan. Sontak si abang becak mengenali ... “Ohh Petrik! Jual ikan gurami dia kan? Iya iya Petrik, taunya aku kalo dia! Kamu buat saya bingung tadi bilang Patris, Petrik itu namanya!” 


xoxo,








Photo Source : Freepik

1 comment:

  1. Hahaa ceritanya lucu dan menghibur (saya lagi tdk bisa tidur...jadi iseng baca).

    ReplyDelete